Supply Chain Management (SCM) pada pabrik biskuit

DISKUSI

• Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan

juga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah

yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut di

sebuah supermarket?

• Gambarkan supply chain dari produk ini.

Several Critical Questions

  • Where do you source your materials?
    Bahan baku berasal dari petani gandum,telur,tebu,susu,keju,coklat lalu ditampung dan diolah oleh setiap suplier bahan baku tersebut sebelum di supply ke pabrik biskuit
  • Where do you process or convert them?
    Semua bahan baku tersebut di kirim ke Pabrik Biskuit untuk diolah menjadi biskuit kaleng.
  • What channels of distribution do you use?
    Saluran distribusi yang digunakan adalah :
    Produsen – Distributor lokal dan international -Pedagang besar – Pengecer – Konsumen
    Saluran seperti ini banyak digunakan oleh produsen dan dinamakan sebagai saluran distribusi tradisional. Disini Produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani pedagang besar, dan pembelian oleh konsumen dilayani oleh pengecer saja.
  • How do you build a strong relationship with your suppliers and customers?
    Untuk membangun hubungan yang kuat dengan suppliers dan konsumen dibutuhkan komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Kepada suppliers, suppliers harus tetap menjaga kualitas dari bahan produksi nya, karena itu sangat mempengaruhi kualitas hasil akhirnya. Suplier/perusahaan logistik berperan dalam Ketepatan waktu pengiriman bahan-bahan tersebut . Karena sedikit saja ada keterlambatan makan perusahaan akan mengalami kerugian yang cukup besar.
    Sedangkan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, produsen harus tetap menjaga kualitas produk dan menjaga kestabilan harga produk tersebut demi menjaga kepercayaan konsumen.
  • How do you get direct information from your end-consumers?
    Informasi secara langsung bisa didapat dari para customer akhir melalui beberapa survey yang dapat dilakukan via media massa, telepon layanan konsumen ,sistem yang ditanamkan pada setiap pedagang besar yang menjual produk tersebut yang memberikan informasi terhadap barang tersebut dan melalui website
  • What logistics structure should you impose?
    Struktur logitistik yang diterapkan pada perusahaan biskuit kaleng ini adalah melalui Produsen –perusahaan logistik-distributor lokal dan international- Pedagang besar – Pengecer – Konsumen.
  • How do you coordinate your information flows and systems globally?
    Mengkoordinasikan melalui sosialisasi antar suppliers-manufactures-distibutor-retailer
  • And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize overall performance?
    Menerapkan e-fulfillment, seperti menerima order dari pelanggan (pelanggan bisa memesan produk melalui telepon, fax, email atau web based ordering). Manajemen gudang, mengelola transaksi, manajemen transportasi dan komunikasi dengan  pelanggan untuk memberikan informasi status pesanan, dukungan teknis dsb
Iklan
Dengan kaitkata ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: